IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH PADA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DI MTsN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Artikel
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH PADA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DI MTsN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
PengarangYuharniza , Supriadi
Tanggal terbit2023-04-10
JurnalJurnal Manajemen Pendidikan Islam
Jilid13
Terbitan1
Halaman43-53
Deskripsi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan pelaksanaan supervisi yang terjadi pada masa pandemic covid-19 dimana terjadi perubahan metode pembelajaran luring menjadi daring. Pembelajaran jarak jauh adalah suatu sistem pembelajaran baru maka supervisi akademik dirasa sangat perlu dilakukan untuk mengetahui proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru selama pembelajaran jarak jauh ini. Supervisi akademik menjadi salah satu patokan dalam perbaikan mutu pembelajaran.

Kajian teori dalam teori ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan supervisi akademik, Kepala Madrasah dan pandemic covid-19 dengan fokus penelitian pada supervisi akademik Kepala Madrasah pada masa pembelajaran daring yang terdiri dari pengertian supervisi dan langkah-langkah supervisi akademik oleh Kepala Madrasah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan fenomena implementasi supervisi akademik oleh Kepala Madrasah se Kabupaten Lima Puluh Kota dengan batasan penelitian perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi dengan masa penelitian dari bulan Oktober 2021 sampai dengan Januari 2022.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Perencanaan supervisi akademik di masa pandemi terdiri dari merumuskan tujuan, jadwal pelaksanaan, ruang lingkup, serta menentukan teknik supervisi akademik selama pandemi. Sedangkan tahap pelaksanaan dimulai dengan pemeriksaan perangkat pembelajaran daring serta observasi terhadap kinerja guru dengan menggunakan instrumen supervisi akademik masa pandemi. Hasil evaluasi menunjukkan supervisi tetap berjalan meskipun pada pembelajaran daring meskipun belum maksimal pada beberapa aspek. Tahap tindak lanjut supervisi akademik dilakukan dengan pemberian pembinaan pada guru terutama pada penyusunan perangkat pembelajaran, mendorong guru untuk ikut serta pada workshop secara virtual dan berbagai aktivitas pengembangan diri lainnya.

Leave a Reply