Manajemen Pengelolaan Program Full Day School Dalam Membentuk Generasi Islami Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Piladang

Artikel
Manajemen Pengelolaan Program Full Day School Dalam Membentuk Generasi Islami Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Piladang
PengarangSilvia Marlina, M. Arif
Tanggal terbit2023-01-23
JurnalJurnal Pendidikan Modern
Jilid8
Terbitan1
Halaman43-50
Deskripsi

Semakin menurunnya karakter generasi muda saat ini menjadi penting bahwa sekolah menjadi lembaga terdepan dalam membentuk karakter generasi muda melalui program full day school. Pentingnya manejemen pengelolaan dalam program full day school dalam membentuk generasi islami di MIS Piladang, Kab. Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif (partisipan observation), wawancara mendalam, dokumentasi, dantrianggulasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MIS Piladang, Kab. Lima Puluh Kota. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: (a) Manajemen pengelolaan program full day school meliputi tiga tahapan, yaitu: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran full day school; (b) Upaya untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa dalam program full day school di MIS Piladang, Kab. Lima Puluh Kota dengan memaksimalkan faktor pendukung pembelajaran di kelas yaitu mempunyai guru sebagai tenaga pendidik yang profesional, tersedianya alat peraga atau media pembelajaran, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan minat belajar siswa. Selain itu guru dalam kelas full day school, diharapkan terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan mengajar dan menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan efisien agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dalam membentuk generasi islami.

Leave a Reply